Konsep Manajemen
1. Definisi Manajemen : sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian.
Alasan mengapa manjemen dibutuhkan
- Untuk mencapai tujuan.
- Untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan tujuan yang saling bertentangan.
- Untuk mencapai efisiensi & efektivitas
Efisiensi : kemampuan menggunakan sumber daya seminimal mungkin untuk mencapai tujuan organisasi.
Efektivitas : kemampuan menentukan tujuan yang tepat.
Manager : setiap pimpinan dalam organisasi antara lain mandor, supervisor, manager, maupun direktur.
3 jenis keterampilan yang diperlukan :
- Techinal = mengaplikasikan pengetahuan / pengalaman yang bersifat teknik / spesialis.
- Human = bekerja sama memotivasi individu / kelompok.
- Conceptual = menganalisa / mendiagnosis permasalahan yang komplek, mengevaluasi & memilih solusi terbaik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar